Selasa, 19 November 2013

18 Makanan penutup Jepang yang disajikan untuk Kaisar

Ini makanan penutup tradisional Jepang (wagashi) yang disajikan di restoran top di Tokyo atau Kyoto.dan makanan penutup ini juga yang biasa disajikan untuk kaisar 

1. Namagashi (生 果子)

























Namagashi adalah istilah umum untuk permen yang digunakan dalam upacara minum teh Jepang.namagashi yang disajikan harus sangat estetis..dan didalam nya terdapat banyak di isi oleh selai kacang yang manis.


2. Sakuramochi (桜餅)
Ini adalah mochi berwarna pink yang didalam nya terdapat kacang merah yang manis.dan dibungkus dengan daun bunga sakura..Sakura mochi yang dimakan untuk merayakan hari gadis (hinamatsuri) di Jepang setiap 3 Maret.

3. Amanatto (甘納豆)
 Kacang azuki yang dibalut dengan gula.

4. Kompeito (金平糖)
Permen Kompeito adalah permen yang berwarna seperti gula asli..sebenarnya kompeito ini bulat tapi pada saat proses memasak akan timbul benjolan2 secara alami

Gula pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh pedagang Portugis pada abad ke-16. Selama bertahun-tahun sesudahnya gula terus menjadi langka dan berharga di Jepang.

Memberikan kompeito adalah ucapan tradisional kepada kaisar jepang bila mendapat kunjungan.
 
5. Hanabiramochi (葩餅)
Hanabiramochi berarti "mochi kelopak bunga". Ini biasanya disajikan pada upacara minum teh pertama tahun baru. Tradisi ini dimulai oleh Keluarga Kekaisaran.Hanabiramochi memiliki bentuk yang khas dan warna.serta diisi dengan pasta kacang hijau. Bentuk dan warna hanabiramochi memiliki arti simbolis (terkait dengan tahun baru).

6.Suama (寿甘)
Suama adalah makanan penutup yang terbuat dari tepung beras dan gula. Menggunakan pewarna makanan merah di luar dan tetap putih di dalam. Hal ini untuk melambangkan Jepang. Namun, sering ternyata pink dan putih.

7.Wasanbon (和三盆)
Wasanbo adalah permen berwarna warni yang dibuat dari bahan gula asli tanah Jepang..Produk pertanian dalam negeri jauh lebih mahal daripada impor. Gula dalam negeri mungkin biaya 10x harga gula impor. Gula dalam negeri digunakan untuk membuat produk-produk khusus seperti Wasanbon.

8. Botamochi (ぼたもち)
Botamochi adalah dessert yang disajikan di musim semi.dibuat dengan beras manis dan pasta kacang merah.

9. Karukan (軽羹)

Sebuah dessert dari Kyushu terbuat dari tepung beras, gula dan ubi Jepang.

10. Uiro (外郎)


Kue tradisional jepang ini dimasak dengan cara di kukus.. Mereka kenyal dan sedikit manis. Uiro disajikan dalam berbagai rasa seperti teh hijau, sakura, strawberry dan kastanye.

11. Dango (団子)

Dango adalah kue sejenis mochi..cara penyajian dango adalah di sajikan dengan batang kayu sebagai tusuknya dan berisi antara 3 sampai 4 dango.rasa dari dango tergantung dari setiap musim di jepang.

12. Monaka (最中)
Wafer mochi yang renyah di isi dengan kacang merah yang manis..

13. Yokan (羊羹)
Yokan adalah dessert jelly tebal yang terbuat dari pasta kacang merah, agar-agar, dan gula.kadang juga ditambahi dengan bubuk teh hijau, chestnut cincang, seluruh kacang manis atau bahan lain yang tersuspensi dalam jelly.

14. Manju (饅頭)
Manju adalah kue manis Jepang yang mempunyai isi yang variatif.

15. Kuzumochi (葛餅)
Mochi yang dibuat dengan bubuk pati dan dari akar tanaman kudzu.

16.Kusa Mochi (草餅)
Kusa mochi berarti "Mochi Rumput",mochi ini dibuat dari daun tanaman mugwort Jepang. Ini secara tradisional dimakan di musim semi. Kusa Mochi biasanya disajikan dengan tepung kedelai manis sebagai topping.

17. Taiyaki (たい焼き)
Taiyaki adalah kue jepang berbentuk ikan..Hal ini umumnya diisi dengan pasta kacang merah, keju atau puding.

18. Yatsuhashi
Yatsuhashi adalah kue special daerah kyoto yang memiliki tekstur mochi dan berisi kayu manis. Mereka kadang-kadang dipanggang dan renyah. Lain kali mereka sedang disajikan lembut dengan pasta kacang merah sebagai isinya.



Nah, itulah gambaran yang cukup luas makanan penutup tradisional jepang(wagashi). Seperti yang kita lihat dari daftar, Kaisar Jepang makan banyak mochi dan pasta kacang merah.

Jadi kalau temen2 ingin merasakan gimana rasanya jadi kaisar Jepang,harus mencoba semua makanan di atas hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar