Selasa, 12 Maret 2013

Studio Ghibli film list

1. Whisper Of the Heart (Mimi wo sumaseba)

Rilis tahun 1995.
Durasi 1jam 51menit.

Shizuku menjalani kehidupan yang sederhana. Suatu hari ia menemukan semua buku yang ia pilih di perpustakaan yang sebelumnya telah diperiksa oleh anak laki-laki; 'Seiji Amasawa'. Shizuku bertemu dengan anak seusianya yang menyebalkan,  mengejutkan bahwa dia adalah 'Prince of Books' nya. Saat ia lebih dekat kepadanya, dia menyadari bahwa dia hanya membaca semua buku-buku untuk membawa dirinya lebih dekat dengannya. Seiji bercita-cita untuk menjadi pembuat biola di Italia, dan itu adalah mimpi-mimpinya yang membuat Shizuku menyadari bahwa dia tidak memiliki jalan yang jelas untuk hidupnya. Mengetahui bahwa kekuatannya terletak pada penulisan, ia menguji bakatnya dengan menulis cerita tentang Baron, patung kucing milik kakek Seiji itu.



2. Spirited Away (Sen to Chihiro Kamikakushi)


Rilis tahun 2001.
Durasi 2jam 5menit.

Chihiro dan orangtuanya pindah ke sebuah kota kecil di Jepang pedesaan, Chihiro kehilangan rumahnya yang lama. Ayah Chihiro ini salah berbelok dan mengemudi melalui jalan tanah yang sepi dengan jalan buntu dalam terowongan. Orangtuanya memutuskan untuk menghentikan mobil dan menjelajahi daerah. Mereka menyeberangi terowongan dan menemukan taman budaya yang ditinggalkan di sebelah kota hantu. Ketika orang tuanya melihat sebuah restoran dengan makanan tapi tidak ada penjualnya, mereka memutuskan untuk makan dan membayarnya kemudian, namun Chihiro menolak untuk makan dan memutuskan untuk melihat-lihat. Dia bertemu seorang anak bernama Haku yang mengatakan kepadanya bahwa orang tuanya dan ia berada dalam bahaya dan mereka harus meninggalkan tempat itu. Dia berjalan ke restoran dan menemukan bahwa orang tuanya telah berubah menjadi babi. Selanjutnya, tempat pemandian adalah roh, monster, dewa dan hantu dimiliki oleh Yubaba penyihir. Chihiro pada Haku berusaha menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia mereka.


3. Tales from Earthsea (Gedo Senki)

Rilis tahun 2006.
Durasi 1jam 55menit.

Sebuah kapal layar yang bergulir di laut yang bergejolak. Kapten memerintahkan weatherworker untuk menenangkan laut, tapi weatherworker tidak mampu mengingat nama sebenarnya dari laut dan angin meskipun usahanya. Lalu tiba-tiba, dua naga muncul dari awan gelap. Para naga melahap satu sama lain. Untuk naga yang tinggal di ujung Barat muncul di daerah laut timur yang dihuni oleh manusia, dan untuk memangsa satu sama lain adalah sesuatu yang tidak terbayang. Keseimbangan dunia pun runtuh.







4. Princess Mononoke (Mononoke Hime)


Rilis tahun 1997.
Durasi 2jam 13menit.

Ashitaka terinfeksi dengan penyakit yang tak tersembuhkan oleh babi hutan yang dimiliki  dewa. Dia akan mati kecuali ia bisa menemukan obat untuk menyingkirkan kutukan dari tubuhnya. Tampaknya harapan satu-satunya adalah melakukan perjalanan ke timur jauh. Ketika ia tiba untuk mendapatkan bantuan dari rusa dewa, dia menemukan dirinya di tengah-tengah pertempuran antara penduduk hewan hutan dan kota pertambangan besi yang mengeksploitasi dan membunuh hutan. Memimpin binatang hutan dalam pertempuran adalah manusia yang diajukan oleh serigala, Princess Mononoke.





5. Porco Roso (Kurenai no buta)


Rilis tahun 1992.
Durasi 1jam 34menit.


Di awal tahun 1930-an Italia era bajak laut udara, pemburu karunia dan penerbang tinggi dari segala macam aturan langit. Yang paling licik dan terampil adalah pilot Porco Rosso. Seorang mantan Ace, ia  membuat pekerjaan hidup kontrak terbang, seperti menyelamatkan mereka yang diculik oleh bajak laut udara. Donald Curtis, saingan Porco di udara dan dalam mengejar cinta seorang wanita, ia memberikan tantangan konstan untuk pahlawan, yang berpuncak pada final.






6. The Secret World of Arrietty (Kari-gurashi no Arietti)


Rilis tahun 17 Juli 2010 (Jepang)
                17 Februari 2012 (Amerika Serikat).
Durasi 1jam 34menit.

Arrietty, 14-tahun, kecil, tapi ulet, hidup bersama orang tuanya (Will Arnett dan Amy Poehler) pada lekukan di rumah taman pinggiran kota, tanpa sepengetahuan pemilik rumah dan pengurus rumah nya (Carol Burnett). Seperti semua makhluk kecil, Arrietty (AIR-ee-ett-ee) tetap tersembunyi dari pandangan, kecuali selama usaha rahasia sesekali luar floorboards untuk "meminjam" persediaan memo seperti gula batu dari host manusianya. Tapi ketika 12 tahun Shawn (David Henrie), seorang anak manusia yang datang untuk tinggal di rumah, menemukan hal misterius suatu malam, bunga persahabatan rahasia. Jika ditemukan, hubungan mereka bisa mendorong keluarga Arrietty ini dari rumah dan langsung ke dalam bahaya.


7. Ponyo on the Cliff by the Sea (Gake no Ue no Ponyo)


Rilis tahun 19 Juli 2008 (Jepang)
                14 Agustus 2009 (Amerika Serikat)

Durasi 1jam 41menit.

Ponyo on the Cliff by the Sea adalah mengambil kisah tentang Hans Christian Anderson, "The Little Mermaid". Ini bercerita tentang  ikan gadis muda yang menentang keinginan ayahnya dan keyakinan tentang dunia manusia untuk hidup dengan laki-laki yang dicintainya. Setelah diam-diam bepergian ke permukaan bersama ubur-ubur, Ponyo pun terdampar di dekat sebuah rumah di tebing pantai, di mana ia ditemukan dan diselamatkan oleh seorang anak manusia yang bernama Sosuke. Sosuke menamainya Ponyo, dan membawanya ke sekolahnya dengan ember, dan menunjukkan dirinya kepada wanita tua kecil yang tinggal di rumah jompo di mana ibunya, Lisa, bekerja. Bayangkan, Sosuke terkejut ketika Ponyo berbicara, dan mengatakan kepadanya bahwa dia menyukainya!


8. Pom Poko (Heisei Tanuki Gassen Pompoko)


Rilis tahun 1994.
Durasi 1jam 58menit.


Sebagai pelanggar batas pembangunan kota manusia di hutan penduduk rakun dan habitat padang rumput, para musang menemukan diri mereka dihadapkan dengan kemungkinan yang sangat nyata dari kepunahan. Sebagai tanggapan, rakunn terlibat dalam perjuangan putus asa untuk menghentikan pembangunan dan menyelamatkan rumah mereka.









9. Only Yerteday (Omohide Poro Poro)


Rilis tahun 1991.
Durasi 1jam 59menit.

Okajima Taeko, berusia 27-tahun yang bekerja sebagai pekerja kantoran di Tokyo, adalah tentang untuk mencegah berlibur ke pedesaan. Ini sesuatu yang dia merindukan sejak dia masih kecil dan mengobrol dengan saudara perempuannya pada malam keberangkatannya memicu kenangan banjir 10 tahun lalu. Saat ia belajar tentang pertanian dan menghabiskan waktu dengan keluarga kakak iparnya, ia merenungkan tentang masa kecilnya. Dalam renungannya, dia bergabung dengan Toshio, sepupunya kakak iparnya itu, dengan siapa ia dengan cepat membentuk hubungan yang mendalam. Keluar pada peternakan dia menemukan kenyamanan yang memungkinkan dia untuk menemukan kembali dirinya sendiri.





10. Panda! Go Panda! (Panda Kopanda)


Rilis tahun 1972 & 1973.
Durasi; Episode 1, Panda Family: 33min
            Episode 2, The Circus in the Rain: 38 min.

Ketika neneknya hilang di perjalanan,  Mimiko 7-tahun tinggal di rumah sendirian di usianya, desa yang ramah, tidak ada pencuri. Ketika ia tiba kembali ke rumah dari stasiun kereta api di mana ia melihat neneknya turun, ia dihampiri seekor bayi panda. Dia dengan cepat berteman dengan panda muda dan memeberinya nama Pannie. Dia kemudian bertemu ayah Pannie, panda besar dia menelepon Papanda. Dan tiga menjadi keluarga yang bahagia dengan petualangan besar mereka sendiri.








11. Night of Taneyamagahara (Taneyamagahara No Yoru)

Rilis tahun 7 Juli 2006
Durasi 27 menit (WikipediA)

Beberapa petani di atas gunung, menunggu fajar sehingga mereka dapat mulai memotong rumput. Mereka berbicara tentang beberapa hal dalam hidup mereka. Salah satunya ingin membeli sebidang tanah yang ia inginkan. Ketika mereka mendengar suara kuda, yang lain berjalan pergi untuk menyelidiki, meninggalkan petani yang ingin membeli tanah saja. Dia jatuh tertidur dan bermimpi dia berbicara dengan tanaman dan pohon, meminta mereka tentang sebidang tanah. Akhirnya, yang lain kembali, dan karena matahari telah datang, mereka bersiap-siap untuk bekerja.







12. Nausicaa of the Valley of the Wind (Kaze no tani no Naushika)


Rilis tahun 1994.
Durasi 1jam 56menit.

NausicaƤ, seorang putri muda lembut, memiliki ikatan empati dengan serangga bermutasi raksasa yang berkembang di tengah kehancuran ekosistem. Perjalanan dengan kapal terbang rumit, di punggung burung raksasa, dan bertengger di atas glider tercinta, NausicaƤ dan sekutunya harus menegosiasikan perdamaian antara kerajaan berjuang selama terakhir dari sumber daya berharga di dunia alami.










13. My Neighbors The Yamadas (Tonari no Yamada-kun)


Rilis tahun 1999.
Durasi 1jam 43menit.

Para Yamadas adalah keluarga kelas menengah yang khas Jepang di perkotaan Tokyo dan film ini menunjukkan berbagai episode kehidupan mereka. Dengan cerita yang berkisar dari lucu untuk memilukan, kita melihat keluarga ini menghadapi konflik kecil kehidupan, masalah dan kegembiraan dengan cara mereka sendiri.










14. My Neighbor Totoro (Tonari No Totoro)

Rilis tahun 1988.
Durasi 1jam 26menit.

Dua gadis muda, Satsuki dan Mei adiknya, pindah ke sebuah rumah di desa dengan ayah mereka agar lebih dekat dengan ibu mereka yang dirawat di rumah sakit. Satsuki dan Mei menemukan bahwa hutan terdekat dihuni oleh makhluk ajaib yang disebut Totoro. Mereka segera berteman tersebut Totoro, dan memiliki petualangan magis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar